Translate

Senin, 13 Januari 2014

glimpse of toefl

Ada yang penasaran dengan istilah TOEFL.
Mungkin sering dengar apalagi yang target unversitas idaman ada di luar negeri.
Ane punya info sekilas tentang itu.
Yuk, Cekidot ^^

 
TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bernama ETS (Educational Testing Service).
Pada awalnya, TOEFL diperlukan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi ke negara-negara yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa Barat. 
Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di AS untuk semua peserta tes di seluruh dunia. Di Indonesia, tes ini diselenggarakan oleh ITC (International Test Center")
Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).
Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia.
Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test.
Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
  • listening comprehension,
  • grammar structure and written expression,
  • reading comprehension, dan bagian
  • writing.

Ini diperlukan untuk memastikan bahwa siswa-siswa dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik. Antara lain untuk :
  • 1. Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill).
  • 2. Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
  • 3. Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).
Untuk dapat diterima di negara-negara barat, calon mahasiswa haruslah memiliki TOEFL score minimal 500 (Eropa), bahkan untuk di Amerika Serikat, TOEFL score yang disyaratkan adalah 550. (Nilai maksimal TOEFL Paper Based Test adalah 677).

Ada tiga macam jenis TOEFL, yaitu Paper Based Test (PBT), Computer Based Test (CBT), dan Internet Based Test (IBT). Model PBT adalah model yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu model yang pengerjaannya memerlukan kertas dan pensil. Rentang skor dalam model ini antara 310-677. Model CBT adalah model yang pengerjaannya memerlukan komputer sebagai alat bantu. Dalam model ini juga disertai video dalam Listening Comprehension sehingga Anda dapat lebih memahami arah pembicaraannya. Rentang skor dalam model ini antara 0-300. Sedangkan Model IBT adalah model yang pengerjaannya memerlukan koneksi internet dan model ini paling banyak digunakan secara global. Rentang skor dalam model ini 0-120.

Secara umum, soal TOEFL terdiri dari tiga bagian (section) dengan 150 pertanyaan. Adapun urutan pengerjaanya selalu dimulai dengan Listening Comprehension yang terdiri dari 50 soal dan dibagi dalam tiga bagian (part) A, B, dan C dengan waktu pengerjaannya kurang lebih 40 menit. Kemudian Structure and Written Expression yang terdiri dari 40 soal dan dibagi dalam dua bagian (part) A dan B dengan waktu pengerjaannya kurang lebih 25 menit. Dan yang ketiga Reading Comprehension terdiri dari 50 soal dengan waktu pengerjaannya kurang lebih 55 menit. Sementara apabila ada Written Comprehension, Anda akan diminta untuk menulis esai pendek yang terdiri dari 1 soal dengan waktu pengerjaannya kurang lebih 30 menit.


.
.
.
.

Jd, yang ingin belajar di luar negeri harus lebih focus pada hal ini…
Semoga bermanfaat ^^

Baca juga  info lengkapnya di     :
                   http://id.wikipedia.org/wiki/TOEFL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar