Translate

Jumat, 02 Agustus 2013

Rangkuman mengenai permainan Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.
      Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, pemain lain biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.
      Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali.

Sejarah
      Olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365  yang juga didukung oleh Raja James I dari Skotlandia. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan terjadinya pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.

Posisi pemain

      Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari 1 orang penjaga gawang, 2-4 orang pemain bertahan, (fullbacks), 2-4 orang pemain tengah, dan 1-4 orang penyerang. Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian yang berbeda dengan pemain lainnya. Pemain bertahan memiliki tugas utama untuk menghentikan serangan lawan. Pemain tengah biasanya terdiri dari pemain tengah penyerang yang bermain dekat dengan penyerang dan pemain tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain bertahan. Penyerang memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Aturan

Lapangan permainan

      Berikut ini adalah detai informasi mengenai ukuran lapangan sepakbola standar internasional:
·         Panjang lapangan: berkisar antara 100 - 120 meter
·         Lebar lapangan berkisar antara 65 - 75 meter
·         Ukuran tinggi area gawang 2,44 meter dan ukuran lebar area gawang 7,32 meter.
·         Area pinalti harus berjarak 16,5 meter dari gawang.


Lama permainan

      Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time. Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gol dari adu penalti hanya menentukan apabila suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya (tidak mempengaruhi skor akhir).

Pelanggaran

      Apabila pemain melakukan pelanggaran yang cukup keras maka wasit dapat memberikan peringatan dengan kartu kuning atau kartu merah. Pertandingan akan dihentikan dan wasit menunjukkan kartu ke depan pemain yang melanggar kemudian mencatat namanya di dalam buku. Kartu kuning merupakan peringatan atas pelanggaran seperti bersikap tidak sportif, secara terus-menerus melanggar peraturan, berselisih kata-kata atau tindakan, menunda memulai kembali pertandingan, keluar-masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, ataupun tidak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam. Pemain yang menerima dua kartu kuning akan mendapatkan kartu merah dan keluar dari pertandingan.
      Pemain yang mendapatkan kartu merah harus keluar dari pertandingan tanpa bisa digantikan dengan pemain lainnya. Beberapa contoh tindakan yang dapat diganjar kartu merah adalah pelanggaran berat yang membahayakan atau menyebabkan cedera parah pada lawan, meludah, melakukan kekerasan, melanggar lawan yang sedang berusaha mencetak gol, menyentuh bola dengan tangan untuk mencegah gol bagi semua pemain kecuali penjaga gawang , dan menggunakan bahasa atau gerak tubuh yang cenderung menantang, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang melakukan hands ball di luar kotak penalti .

Wasit dan petugas pertandingan

      Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola. Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan.         
      Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside. Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir.
      Petugas terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung dan memberikan info mengenai tambahan waktu di akhir setiap babak,  juga bertugas memeriksa pergantian pemain dan menjadi penghubung antara manajer tim dengan wasit.

Taktik

Taktik dalam permainan sepak bola secara garis besar dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Taktik Penyerangan.

Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorongan, kelompok,maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif.

Taktik penyerangan dapat dibedakan menjadi:

a. Taktik mencari tempat kosong di antara pemain lawan.
b. Taktik melakukan gerakan tersusun, baik yang membawa bola maupun tidak (memanfaatkan lebar lapangan).
c. Taktik bermain ketat (jeli melihat peluang).

2. Taktik Pertahanan

Taktik pertahanan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan,kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan atau kelelahan dalam pertandingan.

Taktik pertahanan dapat dibedakan menjadi:

a. Man to man defence, setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu).
b. Zone defence, setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya.
c. Kombinasi, yaitu taktik man to man defence dan zone defence.

3. Taktik Perorangan

Taktik perorangan diartikan sebagai siasat yang dilakukan oleh seorang pemain dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik, dan mental yang dilakukan dengan proses yang cepat untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam suatu pertandingan.

4. Grup Taktik

Grup taktik diartikan suatu siasat yang dijalankan dua orang pemain atau lebih dalam melakukan pertahanan dan penyerangan untuk mencari kemenangan secara sportif pada suatu pertandingan.

5. Kolektif Taktik

Kolektif taktik diartikan suatu siasat yangdijalankan oleh suatu regu dalam menjalin kerja sama untuk mencari kemenangan dalam suatu pertandingan



Formasi Dalam Permainan




1. 3 – 5 – 2 : 3 pemain belakang, 5 pemain tengah, dan 2 pemain depan.
2. 4 – 3 – 3 : 4 pemain belakang, 3 pemain tengah, dan 3 pemain depan.
3. 4 – 4 – 2 : 4 pemain belakang, 4 pemain tengah, dan 2 pemain depan
4. 4 – 5 – 1 : 4 pemain belakang, 5 pemain tengah, dan 1 pemain depan.
5. 4 – 2 – 4 : 4 pemain belakang, 2 pemain tengah, dan 4 pemain penyerang.
6. 4 – 2 – 3 - 1 : 4 pemain belakang, 2 pemain tengah, 3 pemain gelandang serang dan 1 penyerang.
7. 4 – 2 – 1 - 3 : 4 pemain belakang, 2 pemain tengah, 1 playmaker dan 3 penyerang.
8. 3 – 4 – 1 - 2 : 3 pemain belakang, 4 pemain tengah, 1 playmaker dan 2 penyerang.
9. 3 – 4 – 2 - 1 : 3 pemain belakang, 4 pemain tengah, 2 penyerang lubang dan 1 penyerang tunggal.
10. Dan seterusnya.



Teknik Dasar Dalam Permainan




Dasar permainan sepak bola: menendang, menyepak, membawa bola di kepala atau heading, permainan bola di kaki atau dribling.

a.    Keterampilan dasar tanpa bola, merupakan latihan dalam permainan sepak bola khususnya latihan teknik badan, antara lain sebagai berikut:
1)    Teknik melompat, yaitu ditujukan untuk gerakan menyundul bola, mengambil, dan memenangkan posisi dalam perebutan bola dengan lawan.
2)    Teknik berlari dengan irama dan arah berubah. Teknik ini sering dipengaruhi oleh gerakan lawan atau tanpa bola jadi tidak selalu tergantung dari kehendak sendiri.
3)    Teknik tipu badan, merupakan gerakan yang sangat penting dalam permainan sepak bola karena dengan berhasilnya gerka tipu maka pemain mendapat keuntungan, yaitu memenangkan posisi dan lepas dari penjagaan lawan sehingga dapat melakukan gerakan berikutnya tanpa rintangan lawan.
4)    Teknik bertumpu, yaitu cara bertumpu dengan menggunakan salah satu kaki yang dilakukan secara bergantian, selanjutnya dapat digunakan sebagai cara menendang bola dengan berbagai cara.
5)    Teknik keseimbangan atau menggantung. Dilakukan dengan cara latiha mengangkat salah satu kaki membentuk seperti gerakan kapal terbang, jongkok dengan satu kaki atau gerakan berdiri dengan satu atau dua tangan dengan tujuan untuk keseimbangan badan.

b.    Keterampilan dasar dengan bola
1)    Teknik menangkap bola. Ditujukan untuk penjaga gawang.
2)    Teknik menendang bola.

c.    Teknik dasar dalam permainan sepak bola
1)    Menendang bola (shooting ball)
a)    Menendang bola dengan kaki bagian dalam (kura-kura dalam)
b)    Menendang bola dengan kaki bagian luar (kura-kura luar)
c)    Menendang bola dengan punggung kaki dalam (kura-kura penuh)
d)    Menendang bola dengan punggung kaki luar.

2)    Menahan atau menghentikan bola (controlling ball)
a)    Menahan bola dengan telapak kaki
b)    Menahan bola dengan kura-kura kaki penuh
c)    Menahan bola dengan dada
d)    Menahan bola dengan kepala.

Bermain sepak bola dengan peraturan permainan yang sederhana.
Peraturan sederhana sepak bola:
a.    Free kick: tendangan bebas
b.    Hands ball: apabila bola menyentuh tangan
c.    Out side: bola keluar dari lapangan
d.    Throw in: lemparan ke dalam, bola yang keluar dari samping lapangan
e.    Corner kick: tendangan sudut atau sepak pojok.

Pada dasarnya teknik-teknik dalam bermain sepakbola terdiri dari beberapa komponen:
  • Dribel yaitu menggiring bola dengan kaki dan menggunakan teknik-teknik tertentu
  • Passing yaitu teknik untuk memberikan operan kepada teman satu tim
  • Shooting yaitu teknik menembakkan bola ke arah gawang untuk mencetak gol
  • Slidding yaitu teknik merebut bola dengan cara menyusur tanah
  • Heading yaitu teknik mengenakan bola pada kepala atau sering disebut menyundul bola dengan kepala



 


20 komentar:

  1. ===> BONUS NEW MEMBER <===

    DONACOPOKER merupakan website judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/cara-bermain-kartu-remi/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/rumus-permainan-ceme-online/
    https://www.pokerdonaco.org/promo-terbaru/promo-freechip-bulan-september/

    Ayo gabung sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  2. BONUS 10% EVERY DAY

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan terhadap permulaan akun permainan judi atau taruhan online bagi kamu di peserta judi online yg berkelas International, sungguh dan terpercaya hanya di judi online terpercaya.

    Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man terhadap beroperasi juga sebagai juru taruhan sport sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    BalasHapus
  3. BISA DEPOSIT PAKAI OVO

    CemePoker merupakan peserta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan beraneka ragam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan yang merupakan perutusan judi poker dengan rating win tertinggi.
    http://104.248.153.37/ menjamin 100% keamanan sebanyak membernya pun pemain Poker abdi dipastikan 100% Player VS Player.
    jangan serampangan nantikan sawab menghela setiap bulannya dan balasan referal seusia pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo gabung sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  4. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  5. Winning303 Arena Sabung Ayam Terpopuler yang menghadirkan Ayam Ras Juara dan Ras-ras Terkuat..Pertarungan yang sangat seru bakal di hadirkan disini...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online

    Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
    cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  6. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, keadaan kantorcabang Judi Online menelantarkan pulsa yakni setara biang judi yang mengutarakan tontonan poker online pada masa ini sudah banget enteng degnan munculnya permainan ini poker online endapan via pulsa akomodasi bermutu berkelakuan disebuah pementasan judi online yang sanggup kita jumpai kala ini memang buah berpangkal kian berkembangnya jaman dan teknologi waktu ini didalam tontonan cagaran online. Dengan cukup mengura-urakan pulsa seakan-akan uang sedimen atraksi di poker deposit via pulsa online, awak sudah mendapatkan putaran yang lapang bergaya beserta memenangkan permainan.

    Bertingkah menyisakan pulsa didalam permainan poker online pastinya emang hendak kian mendaifkan petugas kala anda berbuat pertunjukan rungguhan online. Berdasarkan datangnya sedimen lewat pulsa lalu personel hendak mampu dengan gampang berisi berlaku beserta berprofesi jawara didalam setangkup atraksi poker. Pertunjukan poker online deposit melewati pulsa pastinya bakal mengantongi sebagian faedah beraga yang pintar berbentuk pulsa juga ataupun berbentuk uang asli didalam sewujud tontonan judi online.

    BACA JUGA:

    daftar poker pulsa
    judi poker pulsa
    poker deposit pulsa


    Daftar sekarang hanya di ZeusBola

    BalasHapus
  7. Winning303 Arena Sabung Ayam Terpopuler yang menghadirkan Ayam Ras Juara dan Ras-ras Terkuat..Pertarungan yang sangat seru bakal di hadirkan disini...

    Dapatkan bonus new member 10%
    Dapatkan bonus dposit harian 5%
    Dapatkan bonus Win streak
    Dapatkan bonus Cash back Mingguan 5-10%

    Winning303 juga menyediakan permainan lain
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online

    Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
    cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  8. Promo deposit pulsa tanpa potongan.
    Dalam rangka melawan COVID19
    Mari bermain bersama Donaco Poker dapatkan kejutan menarik dari kami.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Dapatkan Bonus Cashback 5-10% untuk permainan LIVE CASINO yang kamu mainkan setiap Minggunya

    Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam
    6. Tembak Ikan
    7. Bingo

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  11. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus

  12. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Info hub
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  13. Hanya dengan 1 user ID anda sudah bisa bermain 9 jenis poker bersama kami.
    Mari join bersama kami di Donaco Poker

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  14. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  15. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 SITUS SLOT ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA 2021

    Daftar dan dapatkan BONUS NEW MEMBER 50% KHUSUS GAME SLOT ONLINE.
    Periode 15 - 26 Februari 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  16. SITUS SLOT, SABUNG AYAM, & CASINO 2021 TERPERCAYA PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  17. Hanya dengan 1 user ID anda bisa bermain bermacam permainan Poker dan tidak ketinggalan banyak bonus menarik menanti anda

    Info hub
    WA : 0822 6793 2581

    BalasHapus
  18. Bolavita agent dengan 1 user ID yang bisa bermain semua permainan seperti

    - Slot
    - Casino
    - Poker
    - Sabung Ayam
    - Togel
    - Tangkas
    - Tembak ikan

    Bukan cuma itu BOLAVITA juga mempunyai beragam Bonus Menarik setiap harinya

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus
  19. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA
    Buruan Main dan Tingkatkan Level Anda
    BRONZE = 25RB
    SILVER = 400RB
    GOLD = 2JT
    DAN SETERUSNYA
    BURUAN DAFTAR....
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    BalasHapus
  20. Result Togel


    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus