Translate

Kamis, 12 September 2013

All about German ^^

     JERMAN adalah  sebuah Negara yang secara resmi bernama Republik Federal Jerman, merupakan sebuah Negara Demokrasi Parlementer, dimana pemerintahannya dikepalai oleh seorang kanselir
     Republik Federal Jerman yang terletak di jantung Eropa adalah negara demokrasi terbuka, negara bertradisi besar. Jerman termasuk negara berdaya ekonomi paling kuat di dunia; sektor ilmu pengetahuannya senantiasa melahirkan inovasi. Pada waktu yang sama industri kekreatifan dan kehidupan budaya berkembang dengan subur di Jerman. Dengan 82 juta warga, Jerman merupakan negara anggota Uni Eropa yang paling padat penduduk. Jerman juga termasuk Negara maju.
      Jerman dikelilingi sembilan negara tetangga. Wilayah kedaulatannya seluas 357.000 km2 terbentang antara Laut Utara dan Laut Baltik di utara dan Pegunungan Alpen di selatan. Tiga di antara sungai terbesar di Eropa – Rhein, Donau dan Elbe – beralir melalui Jerman.      Penduduk Jerman berjumlah 82 juta jiwa, di antaranya sekitar 15 juta orang dengan apa yang disebut "latar belakang migrasi" – 7 juta di antaranya warga negara asing, 8 juta telah dinaturalisasi. Masyarakat ditandai oleh keanekaragaman gaya hidup dan ciri etnik budaya. Meskipun terjadi perubahan dalam masyarakat, keluarga tetap merupakan kelompok relasi sosial terpenting. Kebanyakan orang mempunyai pendidikan baik, taraf hidup tinggi dalam perbandingan internasional, dan ruang gerak cukup untuk kehidupan individual.
     Jerman merupakan negara modern yang warganya bersikap terbuka, mutu kehidupannya yang tinggi ikut ditandai oleh keanekaragaman multinasional. Jerman kaya akan gaya hidup dan budaya keseharian: Masakannya sangat bervariasi dengan hidangan khas daerah.
Sebagai negara tujuan wisata pun Jerman sangat tenar – termasuk di antara wisatawan asing yang banyak jumlahnya. Di samping mengunjungi ibu kota Berlin dan obyek-obyek sejarah seni-budaya, wisatawan tertarik juga oleh rangkaian konser dan festival musik bermutu serta acara olahraga besar. Jerman mempunyai 14 taman nasional, 101 taman cagar alam dan 15 reservat biosfer.
     Jerman juga memiliki catatan yang sangat mengesankan dalam setiap penyelenggaraan Piala Dunia. Catatan prestasi 3 kali juara dunia, hanya dikalahkan tim Brasil dan Italia. Jerman juga seperti Negara bagian As dalam pembagian wilayahnya, ada Baden-Württenberg, Hessen, Bayern, dll. Beberapa kota di Jerman juga sangat tua, seperti dimana kita hidup, hamper 1000 tahun.Di Jerman juga banyak ditemukan sisa- sisa dari Romawi kuno.
     Oh ya, di Jerman ada sebuah lagenda yang sangat terkenal. Namanya Die Niebelungen. Lagenda ini berkisah mengenai kesatria dan ratu, cinta dan balas dendam.Lagenda ini berasal dari Skandinavia, tapi juga terhubung dengan banyak fakta Jerman. Pakaian tradisional adalah Dirndl yang hanya bisa dipakai saat ada perayaan.Jerman juga memiliki makanan yang sangat tradisional yakni Schnitzel dengan Spätzle yang dilapisi tepung roti dan digoreng dengan  daging seperti semacam mie pucat Jeman.
     Jerman juga termasuk Negara yang sangat memperdulikan kesehatan rakyatnya, bahkan jika kita belajar dan tinggal di Jerman, kita diwajibkan memiliki asuransi kesehatan. Mata uang Jerman adalah Euro yang nilainya sama dengan dolar Amerika.
    
     Jerman juga masih mendapat pengaruh besar dari budaya Turki dan Rusia dan pembauran antara banyak agama yang berbeda.Jerman juga memiliki beberapa situs terkenal seperti Kastil Neuschwanstein yang mirip seperti istana Disneyland dan banyak kastil lainnya bahkan, The horor klasik Frankenstein diyakini terinspirasi di negeri ini.
     Sedikit sejarah mengenai Jerman. Tahun 1949 di Eropa terjadi 2 perang besar yang mengakibatkan wilayah Jerman berkurang, pada akhirnya Jerman terbagi menjadi dua Negara terpisah yakni Jerman timur dan Jerman Barat, tetapi pada akhirnya bersatu kembali pada tanggal 3 Oktober 1990 yang sekarang ditetapkan sebagai Hari Nasional Jerman. Pada hari itu seluruh warga Jerman merayakan bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur secara resmi.
     Jerman juga menduduki urutan kedua sebagai Negara pengekspor sekaligus pengimpor barang terbesar didunia itulah kenapa Jerman menjadi salah satu Negara penting di dunia. Jerman juga dikenal memiliki Sistem Jaringan Pengamanan Sosial yang sangat baik. Standar hidup yang dimiliki disana sangat tinggi. Dalam hal penguasaan Ilmu dan Teknologi di berbagai bidang, tidak perlu diragukan lagi karena baik ilmu-ilmu Alam, Sosial, Humanity, maupun teknologi di Jerman sudah sangat maju.  
     Dalam bidang olahraga pun negara ini mencatat banyak prestasi yang sangat fenomenal. Ajang Formula Satu (F1) tidak akan semenarik sekarang tanpa mobil-mobil canggih buatan Jerman juga dibidang Sepak bola. Juga salah satu pembalap idola saya, Michael S. Schumacher adalah orang Jerman.
    
     Jerman juga memiliki banyak keunikan. Mulai dari pengutipan pajak saat mengirim hadiah dan saat mendapatkan harta warisan, tidak bisa sembarangan member nama pada anak, warganya yang mandiri karena saat  mereka sudah berumur 18 tahu keatas tidak lagi tinggal bersama orang tua mereka.
            Jerman juga memiliki tempat penampungan untuk pengangguran dan adanya perbandingan profesi dan tempat usaha seperti bar / salon/ dokter/ dll  yang akan selalu diatur oleh Pemerintah sehingga ada pemerataan profesi dan lapangan kerja. Tetapi Jeman juga merupakan salah satu negara dengan jumlah angka kematian lebih besar dari pada angka kelahiran karena warga Jerman sangat suka ngebut apalagi karena jalanan di sana sangat lapang.
            Sekolah Dasar (Grundschule) hingga ke tingkat doktoral tidak dipungut biaya seperti membayar uang gedung, SPP, dll. Dengan kata lain, bahwa sekolah di Jerman adalah gratis. Kalaupun ada pungutuan itu berupa suatu iuran sosial (Sozialgebhür) di mana besarnya relatif kecil. Jerman juga banyak memberikan keringanan bagi warganya mulai dari biaya wisata  yang lumayan murah, fasilitas berupa visa yang bisa dimanfaatkan oleh pelajar jika ingin berpergian ke luar negeri,biaya tranportasi lokal yang lumayan murah sampai dengan pemberian BahnCard (BC) yang memberikan potongan harga sebesar 50 % dari harga normal selama 12 bulan.
Di Jerman juga ada Flohmark yang sama seperti pasar loak di Indonesia jadi, jika ingin mencari barang- barang antic dengan harga murah tempat inilah pilihannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar